Sunday, March 11, 2007

BISNIS MULTI LEVEL MARKETING

Bisnis ini adalah jenis bisnis yang modal jika dibandingkan dengan bisnis membuka sebuah toko misalnya. Tetapi di Indonesia, banyak orang yang berpikiran negatif tentang bisnis MLM. Mungkin ini disebabkan oleh ulah beberapa orang yang ingin mengambil keuntungan sendiri dengan menggunakan istilah MLM, tetapi kenyataannya hanya money game saja. Nah...kebanyakan orang yang gagal di bisnis MLM mungkin hanya tergiur dengan iklan-iklan yang belum tentu sesuai kenyataan. Misalnya: cepat kaya tanpa kerja, bonus gede-gedean, dll.
Jika kita cermati banyak juga orang yang berhasil dan menjadi kaya karena bisnis MLM, jadi sebaiknya kita jangan terlalu berpikiran negatif. Cobalah untuk berpikiran positif. Yang pasti, tidak ada bisnis yang tiba-tiba menjadi besar tanpa usaha. Lihatlah orang-orang sukses di bisnis MLM, apakah mereka hanya enak-enakan saja kemudian downline datang sendiri dan bisnis bisa berkembang tanpa kerja keras? Tidak, bukan? Pada awal mereka bergabung pasti mereka berusaha keras memasarkan bisnis mereka. Kalau sudah di atas memang mereka tinggal menikmati bonus-bonusnya. Jadi jangan kita hanya ingin di atas saja, tetapi kita juga harus ingin berusaha keras seperti mereka.
Saran saya:
1. Pilihlah bisnis yang produk-produknya bermanfaat. Anda bisa pilih produk yang anda sendiri bisa memakainya. Ini penting agar anda bisa memberikan testimoni pada customer. Seperti saya, saya ambil Oriflame dan Tianshi karena saya cocok dengan produk tersebut dan ini merupakan kebutuhan rutin, kosmetik dipakai setiap hari 'kan? demikian juga makanan kesehatan saat ini sangat penting. Jadi saya bisa juga menjual untuk non member.
2. Buatlah target dan berusahalah keras untuk mengejar target anda, bisa melalui saudara, teman dekat, tetangga atau juga diiklankan di surat kabar. Saya juga suka beriklan di tabloid Nova karena banyak ibu-ibu dan remaja putri yang membacanya. Untuk yang online saya pilih Kompas Cyber Media dan MLMku.info.

No comments:

Powered By Blogger
Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.